Pengunjung Website
Hari Ini: 50,810
Minggu Ini: 209,122
Bulan Ini: 1,710,786
|
Jumlah Pengunjung: 10,575,176

Akhir Latihan Pertahanan Pangkalan, Pasukan Lanud Adi Soemarmo Halau Pendemo

[caption id="attachment_352554" align="alignleft" width="300"]Akhir Latihan Pertahanan Pangkalan, Pasukan Lanud Adi Soemarmo Halau Pendemo [/caption] TNI AU. Surakarta, Lanud Smo. Memasuki hari terakhir Latihan Pertahanan Pangkalan, diinformasikan bahwa ada sekelompok masyarakat yang mengklaim aset Lanud Adi Soemarmo adalah miliknya. Sejumlah 50 orang melaksanakan unjuk rasa atau demo di Pangkalan Udara Adi Soemarmo. Menanggapi hal tersebut, Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan, S.H., M.Han., segera memberikan perintah kepada Kepala Dinas Operasi Kolonel Nav Sudaryanto, S.M., selaku Komandan Latihan untuk menyiapkan pasukan PHH guna mengantisipasi agar tidak terjadi gangguan keamanan dan kenyamanan di wilayah Lanud Adi Soemarmo.
[caption id="attachment_352555" align="alignright" width="300"]Akhir Latihan Pertahanan Pangkalan, Pasukan Lanud Adi Soemarmo Halau Pendemo [/caption] Selanjutnya, menindaklanjuti perintah Danlanud, Kadisops menunjuk Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan sebagai Komandan Operasi Keamanan agar segera menyiapkan personel Hanlan sebanyak tiga peleton pasukan PHH dan dua regu bersenjata lengkap untuk menjaga di semua pintu masuk pangkalan. Lebih lanjut, pelaksanaan demo yang akhirnya berlangsung anarkis dan beringas, berhasil dibubarkan dengan penahanan ketua demonstran yang kemudian dilakukan pembinaan dari Lanud Adi Soemarmo dengan dialog antara kedua belah pihak.
Peristiwa di atas merupakan pelaksanaan dari skenario latihan hanlan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 16 sampai dengan 17 Oktober 2023, dan hari ini ditutup dengan upacara Penutupan Hanlan, yang dipimpin Kepala Dinas Operasi Lanud Adi Soemarmo Kolonel Nav Sudaryanto S.M., mewakili Komandan Adi Soemarmo.
Pada upacara penutupan tersebut Danlanud melalui Kadisops menyampaikan harapannya agar latihan Hanlan ini dapat diresapi, dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh peserta latihan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan pengamanan wilayah Lanud Adi Soemarmo apabila ada tindakan yang mengancam.
Dalam Latihan Pertahanan Pangkalan ini juga dilaksanakan kegiatan Asistensi, Pengendalian dan Pengawasan oleh Paban III/Sislat Ditlat Kodiklatau Kolonel Pnb Iwan Tahandi, S.Sos., M.H. Turut hadir pada upacara penutupan Latihan Hanlan tersebut Danskadik 402 serta para pejabat Lanud Adi Soemarmo lainnya.