Pengunjung Website
Hari Ini: 6,318
Minggu Ini: 219,631
Bulan Ini: 1,721,295
|
Jumlah Pengunjung: 10,585,685

Dankorpaskhas Tutup Latihan Bina Matra Korpaskhas Tahun 2021 dan Reuni ke-46 Relawan Operasi Seroja Timor-Timur Tahun 1974

TNI AU. BANDUNG BALEGEDE. Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr (Han), pimpin langsung Penutupan Bina Matra Korpaskhas di Balegede Kamis (09/12/2021).

Pada kegiatan tersebut dihadiri Wadan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si., para pejabat Korpaskhas dan para Komandan Satuan. Pada kesempatan tersebut, mantan Dankorpaskhas Marsma TNI (Purn) Nanok Suratno menceritakan pengalamanya masa bertugas sebagai sukarelawan dalam Operasi Seroja di Timor Timur dan Masrma TNI (Purn) Mujanto yang memberikan santiaji dan pengalaman semasa berdinas di TNI AU.

Selain itu, mantan sukarelawan Peltu (Purn) Hengky Maulan juga berkesempatan memberikan pengalamannya dalam keterlibatan di medan Operasi Seroja.

Dari seluruh cerita sejarah Operasi Seroja Timor-Timur tersebut, dapat kita simpulkan bahwa betapa besarnya jiwa patriotisme beliau dan siap melaksanakan perintah tugas walaupun dihadapkan dengan resiko yang sangat besar, bertaruh jiwa raga, dan tidak mementingkan diri sendiri, demi panggilan tugas negara dalam usaha mempertahankan keutuhan NKRI, khususnya mempertahankan Provinsi Timor- Timur dari kelompok pemberontak Fretilin, yang ingin memisahkan diri dari Indonesia.

Selanjutnya Para Purnawirawan Paskhas mengadakan interaksi dan dialog dengan para Komandan satuan serta prajurit Korpaskhas, yang diselingi quis pertanyaan seputaran sejarah Korpaskhas, dengan hadiah buku dari Marsma(Purn) Nanok Suratno.

Rangkaian latihan Bina Matra Korpaskhas Tahun 2021 dilaksanakan selama Sembilan hari, para perwira Korpaskhas secara bersama-sama mengikuti seluruh materi yang disampaikan, dengan harapan dapat memperoleh berbagai pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat selama mengikuti kegiatan. Kegiatan ini dibagi menjadi dua, yaitu indoor di ruang rapat Manggala Yudha dan Wargaming secara vikon. Dan kegiatan outdoor (praktek) yang dilaksanakan di seputaran Balegede, Bandung.

Dankorpaskhas dalam sambutannya menyampaikan "Dalam kegiatan Bina Matra kali ini, telah bergabung para sesepuh Korpaskhas selaku pelaku sejarah pada operasi Timor-timur dan berkenan meluangkan waktu dapat hadir di tempat ini yakni, Marsma TNI ( Purn) Nanok Suratno, M.B.A.,Marsma TNI (Purn) Mujanto, Peltu (Purn) Hengky Maulana, dan Serma (Purn) Simon. Hari ini beliau-beliau bersama kita di sini dalam rangka berbagi pengalaman, akan memberikan motivasi, semangat patriotisme dan santi aji kepada kita semua, sebagai generasi penerus Korpaskhas. Pada kesempatan kali ini, juga telah hadir 9 orang adek-adek Taruna AAU dari kecabangan Paskhas, sebagai calon perwira muda Korpaskhas, yang disela-sela program pendidikannya dapat bergabung bersama-sama kita di sini. Untuk itu saya selaku Dankorpaskhas mewakili seluruh prajurit dan perwira Korpaskhas yang hadir disini, menghaturkan terima kasih dan selamat datang kepada bapak-bapak para sesepuh Korpaskhas serta adek-adek Taruna AAU sekalian. Salam hormat bangga kami atas kehadirannya di sini, karena keberadaan bapak-bapak akan menjadi pendorong dan penyemangat kami, dalam meneruskan pengabdian dan cita-cita perjuangan bapak-bapak sekalian, demi kebesaran dan kejayaan Korpaskhas di masa yang akan datang. Demikian juga bagi para komandan satuan, para perwira korpaskhas dan adek-adek taruna aau calon pimpinan korpaskhas masa depan, agar dapat mengambil hikmah positif dari kegiatan bina matra ini, untuk belajar dan menggali pengalaman secara langsung pengabdian dan perjuangan para sesepuh pelaku sejarah Korpaskhas. selain itu dapat mengenal lebih dekat para senior perwira Korpaskhas, guna bekal pengabdian di kemudian hari. beberapa harapan terkait dengan kesinambungan latihan Bina Matra Satuan Korpaskhas di masa mendatang.

Latihan Bina Matra bertujuan sebagai pembinaan yang dilakukan paskhas guna memelihara dan meningkatkan kebersamaan dan soliditas para perwira. Sehingga para perwira dapat membangun suatu hubungan emosional, saling pengertian, semangat integrasi

1 1 8 4 1 7 6 jpg