Pengunjung Website
Hari Ini: 5,097
Minggu Ini: 218,416
Bulan Ini: 1,720,080
|
Jumlah Pengunjung: 10,584,470

Danlanud Pattimura Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Bersama Forkopimda Maluku

TNI AU.  Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Pattimura, Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, M.Han., bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku mengibarkan bendera merah putih di bawah laut di kawasan perairan Baileo Emas Putih Kodam XV/Pattimura Kec.Nusaniwe Kota Ambon, Jumat (16/08/2024).

Pengibaran bendera di bawah laut bersama ini dalam rangka memeriahkan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang juga diikuti Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr (Han).,Kapolda Maluku Irjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Pejabat Gubernur Maluku Ir Sadali Ie dan unsur forkopimda dan undangan lainnya.

Danlanud mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan bagian menyampaikan pesan kepada masyarakat terhadap beratnya perjuangan para pahlawan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan.

Sementara itu Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial PSC., M.Tr (Han)., didepan awak media mengatakan pengibaran bendera dibawah laut ini sebagai simbol untuk memperkuat rasa nasionalisme dan solidaritas serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kemerdekaan, disamping itu, Pangdam menghimbau kepada masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon, untuk jangan membuang sampah ke laut, karena laut bukanlah tempat sampah. "Wilayah Maluku yang notabennya 92% lebih merupakan laut. Untuk itu, kita harus menjaga dan merawat laut, _katong jaga alam, alam jaga katong_, ujar Pangdam XV/Pattimura 

Pengibaran bendera merah putih bawah laut dilaksanakan di kedalaman kurang lebih 15 meter dengan melibatkan 46 personil penyelam yang terdiri dari, unsur Forkopimda, anggota TNI dari tiga matra, Kepolisian, Bakamla, Basarnas dan Club Diving di Maluku. 

Sedangkan Pj Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie yang iikut dalam penyelaman memberikan apresiasi atas kegiatan yang digagas oleh Kodam XV/Pattimura dalam hal ini oleh Pangdam XV/Pattimura.

"Ini adalah bentuk sinergitas Forkopimda dengan TNI-Polri dalam rangka memperingati HUT RI ke-79, hal ini juga menunjukkan semangat patriotisme yang terpatri dihati kami", pungkas Pj Gubernur.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Maluku Irjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., juga turut memberikan apreasiasi dan dukungan kepada Kodam XV/Pattimura pada pengibaran bendera di bawah laut ini.