Pengunjung Website
Hari Ini: 5,001
Minggu Ini: 218,319
Bulan Ini: 1,719,983
|
Jumlah Pengunjung: 10,584,373

Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang

Komandan Lanud Raden Sadjad (Danlanud RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., dan Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos., M.Si meresmikan penggunaan nama Jalan Kolonel Penerbangan (Pnb) Sumihar Sihotang, bertempat di persimpangan Jalan Hang Tuah Ranai, Selasa(20/6/2023).

Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang

Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang yang sering digunakan dan diketahui oleh masyarakat sekitar Ranai dengan sebutan Jalan Sihotang ini adalah berawal dari gagasan dan ide dari Komandan Lanud Ranai, Letkol Pnb Sumihar Sihotang periode tahun 1988 sampai dengan tahun 1990.

Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang

Pada saat itu kondisi jalan yang menghubungkan Kampung Air Raya, Kampung Air Lakon dan Kampung Air Kolek hanya berupa jalan setapak yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua (motor), dikarenakan lahan di sekitar jalan sebagian besar rawa, dan saat hujan jalan tersebut tergenang air serta banjir. Selain banjir dulunya jalan ini sangat sepi dan masih banyak pohon-pohon besar sehingga membuat masyarakat takut untuk melewatinya.

Mengetahui dan melihat kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar Kelurahan Ranai khususnya permasalahan akses jalan yang menghubungkan ketiga kampung tersebut, Danlanud Ranai, Letkol Pnb Sumihar Sihotang pada awal bulan Agustus tahun 1989 melaksanakan kunjungan ke Kantor Camat Bunguran Timur untuk berkoordinasi tentang rencana pembangunan jalan yang berada di Kampung Air Lakon, Kelurahan Ranai.

Pada akhir bulan Agustus tahun 1989 pengerjaan Jalan Kampung Air Lakon pun dimulai, dengan melibatkan anggota Lanud Ranai, Satrad 212, personel BKO Paskhas serta masyarakat, pelajar SMU 1 dan Pramuka, namun pengerjaan selanjutnya dilakukan oleh anggota Lanud Ranai.

Dalam rangka untuk menghargai jasa-jasa Letkol Pnb Sumihar Sihotang terhadap masyarakat Natuna, Komandan Pangkalan TNI AU Raden Sadjad, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., mengajukan permohonan perubahan nama jalan berupa penambahan titel ”pangkat terakhir dan korps” almarhum dari yang sebelumnya Jalan Sihotang menjadi Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang.

[caption id="attachment_334951" align="alignright" width="300"]Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang [/caption] Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang

Dalam sambutannya, Danlanud RSA Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Natuna dan seluruh jajaran terkait serta seluruh masyarakat Ranai Natuna atas direstui untuk diresmikan penggunaan nama jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang, Komandan Lanud Ranai tahun 1988 sampai dengan 1990.

“Alhamdulilah, jalan ini terealisasi menjadi nama jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang atas usulan dari Lanud Raden Sadjad kepada Pemerintah Daerah Natuna yang direstui oleh Bupati Natuna dan instansi terkait lainnya serta masyarakat Ranai sekitarnya,” ujar Danlanud RSA.

Sementara itu Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos., M.Si., menyambut baik atas peresmian nama jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang yang telah diusulkan oleh Lanud Raden Sadjad dan secara administrasi sudah selesai.

“Pengabdian Kolonel Pnb Sumihar Sihotang ini luar biasa, baik kepada internal TNI AU maupun pengabdian eksternal kepada masyarakat Ranai, semuanya sudah dilakukan beliau, oleh karena itu mudah-mudahan apa yang sudah beliau lakukan menjadi amal ibadah dan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Bupati.

[caption id="attachment_334957" align="alignleft" width="300"]Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang [/caption] [caption id="attachment_334946" align="alignright" width="300"]Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang [/caption]

Acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita oleh Danlanud RSA dan Bupati yang disaksikan oleh para tamu undangan dan ditutup dengan tepung tawar dan doa.

Hadir dalam acara peresmian tersebut antara lain Wakil Bupati Natuna, Wakil Ketua I DPRD Natuna, Ketua Komisi I DPRD Natuna, Kajari Natuna, Kapolres Natuna, Anggota Forkopimda Kabupaten Natuna, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kabag Kabupaten Natuna, Camat Bunguran Timur, Para Pimpinan Bank, Para Lurah Bunguran Timur, Kepala Sekolah SD 012, SMPN 1 dan SMA Negeri 1 Bunguran Timur, Ketua MUI, Ketua LAM, Ketua DPD KNPI dan Ketua Karang Taruna Kab. Natuna, dan Bapak Sandhy Sihotang, Para Kadis Lanud Rsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda Serta Tamu Undangan Lainnya.

Dalam peresemian ini sebanyak 22 nama jalan yang diresmikan sesuai SK Bupati Natuna Nomor 207 Tahun 2023 tentang nama jalan di kabupaten Natuna yang berada di Air Lakon Kelurahan Ranai dan lingkungan kantor dan perumahan/komplek Lanud RSA Satrad 212 dan Denhanud 477 Kopasgat Ranai, Kelurahan Batu Hitam sbb :

  1. Jl. Kolonel Pnb. Sumihar Sihotang ( 1,3 km) yaitu jl. Persimpangan Hangtuah menuju HR Soebrantas Siswanto.
  2. JI. Laksda Adi Sucipto (3.4 km) yaitu penghubung Pos penjagaan Depan Lanud RSA sampai pos penjagaan belakang.
  3. JI. Raden Sadjad (1 km) yaitu jl masuk dan keluar bandara.
  4. JI. Fokker (238 m) yaitu ruas jalan komplek Fokker.
  5. Jl. Sawo Manis 1 ( 100 m ) yaitu jalan menuju Graha Serasan.
  6. JI. Sawo Manis 2 ( 100 m) yaitu jalan menuju Hanggar Integrasi.
  7. JI. Panther (350 m) yaitu Jalan menuju Rumah Pantai.
  8. JI. Panther 1 (54 m) yaitu jalan menuju Kediaman Danlanud.
  9. Jl. Jatayu (400 m) yaitu jalan menuju Kantor Satpom Lanud.
  10. Jl. Jatayu 1 (50 m) yaitu jalan menuju kantor PIA Lanud.
  11. JI. Jatayu 2 (103 m) yaitu jalan dari Stasiun Pengisian BBM (SPBT) sampai Mess Antariksa.
  12. JI. Abdul saleh (3 km ) yaitu jalan' menuju Kantor Denhanud 477 dari Area Apron.
  13. JI. Cilik Riwut 1 (378 m) yaitu jalan menuju Rumah Denhanud.
  14. JI. Cilik Riwut 2 (166 m) yaitu jalan menuju belakang Kantor Denhanud.
  15. JI. RS Suryadarma (1,6 km) yaitu jalan menuju Rumah Sakit dr. Yuniati Wisma Karyani.
  16. JI. Cendrawasih (810 m) yaitu jalan menuju Komplek Radar.
  17. JI. Cendrawasih 1 (277m) yaitu jalan menuju Masjid Satrad 212 Ranai.
  18. JI. Cendrawasih 2 (21 m) yaitu jalan menuju Skadron 52.
  19. JI. Thomson 1 (21 m) yaitu jalan menuju penghubung Rumah Dansatrad 212 menuju Komplek Radar.
  20. Jl. Thomson radar 2 (21 m) yaitu jalan menuju penghubung komplek.
  21. Jl. Thomson 3 (21 m) yaitu jalan menuju penghubung GBS Jagabaya menuju komplek Radar.
  22. Jl. Thomson 4 (235m) yaitu jalan menuju penghubung komplek radar menuju Mess Radar.
Danlanud RSA dan Bupati Natuna Resmikan Nama Jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang