Pengunjung Website
Hari Ini: 49,482
Minggu Ini: 207,798
Bulan Ini: 1,709,462
|
Jumlah Pengunjung: 10,573,852

Gedung Baru RSAU dr. M. Moenir Lanud Abd Saleh Telah Diresmikan

TNI AU. Gedung baru RSAU dr. M. Moenir Lanud Abdulrachman Saleh Malang telah resmi diresmikan bersamaan dengan  Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 25 Rumah Sakit Milik TNI secara vicon di Lobi RSAU dr. M. Moenir Lanud Abd Saleh. Senin (19/2/2024).

Peresmian dilaksanakan secara langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, yang diselenggarakan di RSPPN Jakarta Selatan. Dari total 25 Rumah Sakit TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, 5 Rumah Sakit TNI sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden dan Menhan. 

Adapun 6 Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) yang diresmikan yaitu RSAU dr. Mohammad Moenir Lanud Abd Saleh di Malang, RSAU dr. Efram Harsana Lanud lswahjudi di Madiun, RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo di Solo, RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadharma di Subang, RSAU dr. Norman Lubis Lanud Sulaiman di Bandung, dan RSAU dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru.

Gedung RSAU dr. M.Moenir yang baru dibangun di atas lahan seluas 23.000 m2 dengan luas bangunan 6000 m2, RSAU dr.M Moenir merupakan Rumah Sakit type C yang mempunyai daya tampung 650  bad sedangkan untuk ruang ICU terdapat 5 bad, rumah sakit ini berlokasi di jalan Rogonoto Timur Desa Tamanharjo Kecamatan Singosari Malang.

Pembangunan rumah sakit tersebut dinisiasi oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada saat munculnya pandemi Covid-19. Kemhan berinisiatif agar kebutuhan anggota Kemhan/TNI beserta keluarganya dan masyarakat umum terhadap kesehatan dapat terpenuhi. Pembangunan rumah sakit ini sejalan dengan persyaratan sebagai rumah sakit rujukan yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Pada peresmian operasional Rumah Sakit tersebut juga dilaksanakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan secara umum dan pembagian sembako kepada warga Singosari dan sekitarnya yang memeriksakan kesehatannya di RSAU dr. M. Moenir. 

Turut hadir dalam vicon di RSAU dr. M.Moenir Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Firman Wirayuda, S.T., M.Soc.Sc, Wakil Bupati Malang, Kadinkes Malang, Dandepohar 30, Danlanal Malang, para Kepala Dinas, dan Komandan Satuan Lanud Abd Saleh, Dandim 0833, dan pejabat Muspika Singosari.