Pengunjung Website
Hari Ini: 50,810
Minggu Ini: 209,122
Bulan Ini: 1,710,786
|
Jumlah Pengunjung: 10,575,176

Lanud Iskandar Dukung Pemerintah Dalam OMC

TNI AU. Cuaca ekstrem di Indonesia sering kali terjadi di akhir tahun hingga awal tahun baru. Dalam upaya meminimalisir keparahan dampak yang disebabkan oleh cuaca ekstrem, TNI Angkatan Udara menerapkan OMC (Operasi Modifikasi Cuaca). OMC pada hakikatnya merupakan rekayasa kondisi atmosfer secara sengaja atau tidak sengaja oleh aktivitas manusia, Palangkaraya, Kalteng, Selasa (16/7/2024).

“Lanud Iskandar berkolaborasi dengan Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh bersama dengan Pemprov Kalteng, BNPB, Angkasa Pura II, Airnav, BMKG, BRGM, BKSDA berkomitmen menerapkan TMC dalam Rangka Pembasahan Lahan Gambut di wiilayah Kalimantan Tengah," ungkap Danlanud Iskandar Letkol Pnb David Moningka, S.A.P., M.Han 

“OMC dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 06 Juli  sampai tanggal 16 Juli 2024, penaburan garam berbentuk super fine powder di awan menggunakan pesawat TNI AU Cassa C-212/A-2116. OMC bertujuan meningkatkan intensitas curah hujan di suatu tempat (rain enhancement) dapat juga untuk kondisi sebaliknya (rain reduction), merupakan  solusi yang bisa diandalkan dalam mengurangi kerugian yang dapat ditimbulkan oleh bencana yang disebabkan oleh faktor iklim dan cuaca,” tambahnya.