Pengunjung Website
Hari Ini: 3,181
Minggu Ini: 216,500
Bulan Ini: 1,718,164
|
Jumlah Pengunjung: 10,582,554

Lanud Manuhua Biak Menjadi Tempat Perkasa D-23 Tahun 2023

TNI AU. Pangkalan TNI AU Manuhua Biak menjadi tempat latihan Force Down yang berlangsung di Apron Baseops Lanud Manuhua Biak, Kamis (8/6/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian latihan Perkasa D-23 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas).

Simulasi Operasi penanganan pesawat asing setelah melaksanakan pemaksaan mendarat atau yang kita kenal dengan istilah Force Down menjadi agenda salah satu latihan setelah sehari sebelumnya melaksanakan latihan Penanganan Keadaan Darurat (PKD).

Selain Pangkoopsud III Marsekal Muda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M., juga turut menyaksikan langsung Asisten Operasi Kas Koopsudnas Marsma TNI Ian Fuady dan Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Yostariza, S.E., M. Tr. Opsla.

TNI Angkatan Udara sebagai salah satu bagian integrasi dari TNI yang melaksanakan tugas matra udara di bidang pertahanan, hukum dan menjaga wilayah udara yuridiksi nasional sesuai dengan hukum nasional dan hukum internasional yang telah di retifikasi, melaksanakan pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara serta melaksanakan pemberdayaan pertahanan udara.

Simulasi latihan operasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan satuan TNI Angkatan Udara. Melalui latihan ini para personel di jajaran Koopsudnas khususnya Lanud Manuhua memiliki kemampuan dalam proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan operasi serta kesiagaan yang mampu menghadapi kontingensi dalam rangka mendukung tugas pokok TNI serta Kementerian Lembaga.

Dalam kegiatan latihan ini juga melibatkan beberapa instansi Kementerian dan Lembaga terkait antara lain, Imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina Kesehatan dan Penyelenggara Bandar Udara. Selain itu para personel dari Lanud Manuhua juga terlibat dalam latihan ini seperti dari seksi, Base Ops, PLLU, Meteo, Intelijen, Satpom, Senkom, Yonko 468 Pasgat, Hanlan, Satkes, Hukum berlangsung aman, tertib dan lancar.

Lanud Manuhua Biak Menjadi Tempat Perkasa D-23 Tahun 2023 Lanud Manuhua Biak Menjadi Tempat Perkasa D-23 Tahun 2023 Lanud Manuhua Biak Menjadi Tempat Perkasa D-23 Tahun 2023