Pengunjung Website
Hari Ini: 49,482
Minggu Ini: 207,798
Bulan Ini: 1,709,462
|
Jumlah Pengunjung: 10,573,852

Pangkoopsudnas: Junjung Tinggi Netralitas TNI, Sambut Pilkada Serentak

TNI AU. Jayapura. Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Silas Papare Kolonel Nav Sunardi bertindak sebagai Inspektur upacara bendera 17-an bulan September, bertempat di Lapangan Apel Lanud Silas Papare, Jayapura, Selasa (17/9/2024). 

Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan Kadisops Lanud Spr, Panglima Koops Udara Nasional mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Koopsudnas dan jajaran di manapun berada dan bertugas atas capaian tugas satuan masing- masing, khususnya keterlibatan kita dalam mensukseskan  momentum  bersejarah  yaitu pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2024 lalu, yang digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Saya sangat bangga atas dedikasi, serta semangat tinggi yang telah ditunjukkan personel Koopsudnas baik militer maupun PNS, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses. Momen tersebut telah mencatatkan kiprah pengabdian Koopsudnas di kancah nasional. Sebagai prajurit profesional kita harus selalu menjaga marwah Koopsudnas dalam setiap penugasan berskala nasional maupun internasional secara konsisten dan berlanjut," ucap Pangkoopsudnas. 

Lebih lanjut menindaklanjuti arahan pimpinan TNI AU terkait rencana pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 TNI, yang dipusatkan di Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada tanggal 5 Oktober 2024 mendatang, Koopsudnas mendapat amanah sebagai supervisi pelaksanaan demo udara yang akan dilaksanakan oleh TNI AU.

Selanjutnya, berkaitan dengan Pilkada serentak yang sebentar lagi akan di gelar di seluruh wilayah Indonesia, saya minta agar seluruh prajurit Koopsudnas dan jajaran berkomitmen menjaga netralitas seperti yang diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Untuk itu, pelajari, pahami, dan implementasikan Netralitas TNI pada ajang Pilkada serentak di wilayah yang menjadi tanggungjawab satuan masing-masing.

Di akhir amanatnya Pangkoopsudnas memberikan penekanan sebagai pedoman bagi seluruh prajurit antara lain, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan budaya disiplin dalam berbagai lingkup kegiatan, khususnya yang berkaitan  dengan  operasional  penerbangan, dalam upaya terciptanya Zero Accident.

Selain itu, setiap prajurit harus membangun nilai-nilai dan karakter prajurit dan PNS Koopsudnas yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis), meningkatkan soliditas sesama prajurit Koopsudnas maupun dengan prajurit satuan samping guna terciptanya lingkungan kerja satuan yang harmonis.

"Jaga netralitas TNI dalam Pilkada serentak serta tingkatkan kepekaan terhadap setiap perkembangan situasi dan kondisi lingkungan di sekitar satuan jajaran agar dampak negatif dapat dicegah secara dini," pungkas Pangkoopsudnas.