Pengunjung Website
Hari Ini: 5,468
Minggu Ini: 218,778
Bulan Ini: 1,720,442
|
Jumlah Pengunjung: 10,584,832

Perayaan Hut ke-73 Dispotrudau

TNI AU. Kadissurpotrudau Marsma TNI Ardhi Tjahjoko. Meminpin apel khusus dalam rangka HUT ke 73 Dissurpotrudau yang bertempat di lapangan apel Dissurpotrud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Peringatan HUT ke-73 Dissurpotrudau dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan dan tanpa mengurangi esensinya. Dalam sambutannya beliau, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, bagi rekan-rekan yang beragama Islam. Semoga amal ibadah yang kita laksanakan dibulan Ramadhan menjadikan kita kembali dalam keadaan fitrah,” imbuh Kadissurpotrud. Selanjutnya Kadissurpotrud berharap peringatan yang sederhana ini tidak mengurangi makna dan semangat Dissurpotrudau untuk mensyukuri perjalanan dan terus berkarya dalam pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara. Peringatan HUT ke-73 Dissurpotrudau mengambil tema “Dissurpotrudau Road to Pusgeosau” dengan harapan dapat segera terwujud menuju ke arah yang lebih baik. Sejak dibentuk pada tanggal 27 April 1950 berdasarkan Surat Keputusan Menpangau Nomor Skep/88/SI/IV/l, Dissurpotrudau telah menorehkan banyak tinta emas dalam sejarah pengabdiannya. Pengalaman tersebut hendaknya dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk semakin memantapkan peran dan tugas Dissurpotrudau ke depan menuju Pusgeosau. Dinamika perubahan lingkungan strategis baik global, regional, dan nasional menjadi pemicu perubahan dalam berbagai bidang. Kemajuan teknologi bidang geospasial seperti teknologi penginderaan jauh, perkembangan pesawat terbang tanpa awak, sistem informasi geografi, dan manajemen data geospasial, merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan. Selain bentuk organisasi, konsep operasi perang juga mengalami transformasi menjadi Network Centrik Warfare (NCW) yang merupakan konsep dalam sistem keterpaduan teknologi perang yang memanfaatkan teknologi manajemen informasi, dan kemampuan analisis big data. NCW merupakan metode peperangan yang berbasis pada konektivitas jaringan komunikasi dan data secara real time dari markas ke unit tempur, begitu juga sebaliknya. Data geospasial merupakan data penting untuk mendukung sistem NCW, yang disajikan dalam bentuk digital 3D sebagai bahan analisis dalam kegiatan pengendalian operasi. Data Geospasial yang berupa data spasial kebumian berbentuk peta digital dan citra satelit adalah media guna analisis dan pengolahan informasi yang dibutuhkan bagi kegiatan pengendalian suatu operasi bagi seluruh satuan yang berperan.

Jika dihadapkan dengan tuntutan tugas yang harus diemban oleh Dissurpotrudau saat ini, kebutuhan akan informasi geospasial tidak hanya melalui survei dan pemotretan udara saja, akan tetapi masih ada kegiatan lain seperti perekaman dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh. Tak lupa Pati bintang satu mantan Irum Itjen TNI ini mengucapkan ‘Selamat Ulang Tahun’, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan yang Maha Esa selalu memberikan petunjuk, kemudahan dan perlindungan kepada kita sekalian dalam setiap menjalankan amanah dan tugas yang diberikan, demi kepentingan bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara menuju Angkatan Udara yang disegani di Kawasan. Di akhir acara di tampilkan demo Drone Race, Beladiri tradisonal dan foto bersama oleh personal Dissurpotrudau.

Perayaan Hut ke-73 Dispotrudau Perayaan Hut ke-73 Dispotrudau Perayaan Hut ke-73 Dispotrudau Perayaan Hut ke-73 Dispotrudau