Pengunjung Website
Hari Ini: 5,518
Minggu Ini: 218,820
Bulan Ini: 1,720,484
|
Jumlah Pengunjung: 10,584,874

Peringatan Hari Bakti Ke-71 di Lanud Yohanis Kapiyau Timika

TNI AU. Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Meito Datau, bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan ke-71 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Lapangan Upacara Lanud Yohanis Kapiyau yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Yohanis Kapiyau baik Perwira, Bintara, Tamtama ASN serta Pasukan dari jajaran TNI, Polri, Basarnas serta Saka Dirgantara dihadiri pula oleh Ketua beserta Pengurus PIA Ardhya Garini Cabang III Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Senin (30/7).

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna,. S.E.M.M,. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danlanud, Yahonis Kapiyau Letkol Pnb Meito Datau, 71 tahun silam tepatnya tanggal 29 Juli 1947, telah terjadi peristiwa heroic yang menorehkan tinta emas, dalam perjalanan pengabdian TNI Angkatan Udara mengawal eksistensi Ibu Pertiwi yakni serangan udara pada pagi hari yang dilaksanakn oleh Kadet Penerbang Mulyono , Sutarjo Sigit dan Suharnoko Harbani dengan perlengkapan seadanya ditujukan terhadap kedudukan belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga namun demikian sejarah telah mencatat bahwa keberhasilan yang di raih tersebut harus dibayar mahal dengan membabi buta belanda telah menembak jatuh pesawat Dakota VT-CLA yang sedang melaksankan misi kemanusiaan yang mengakibatkan gugurnya putra-putra terbaik bangsa yaitu almarhum Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adisoemarmo.

Tema pada peringatan ke 71 HARI BAKTI TNI AU kali ini yakni ‘’ DILANDASI SEMANGAT JUANG KEPAHLAWANAN DAN PENGORBANAN 29 JULI 1947, TNI ANGKATAN UDARA BERSAMA RAKYAT SIAP MENJAGA KEDAULATAN DAN KEUTUHAN NEGARA KESTAUAN REPUBLIK INDONESIA.

Selesai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan acara tambahan pemotongan pita tirai nama Lanud Yohanis Kapiyau dilakukan oleh Sekdak Kabupaten Mimika Aulisius You, S.pd, MM,MH didampingi oleh Danlanud Yohanis Kapiyau, para pimpinan TNI serta undangan, selesai potongan pita dilanjutkan foto bersama dan penampilan tari - tarian Suku Kamoro.