Pengunjung Website
Hari Ini: 50,810
Minggu Ini: 209,122
Bulan Ini: 1,710,786
|
Jumlah Pengunjung: 10,575,176

Pertahanan Nasional Dalam Mengamankan Ibu Kota Nusantara, Menjadi Bahasan Seminar Pasis Sekkau A-115

TNI AU.  Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau) angkatan ke-115 menggelar Seminar di Gedung Pramanasala, Sekkau, Jakarta. Rabu, (4/9/24).

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Komandan Kodiklatau, Marsdya Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., mengangkat tema "Pertahanan Nasional dalam Mengamankan Ibu Kota Nusantara" dengan judul naskah seminar "Pengembangan Kekuatan Lanud Sam Ratulangi Guna Melindungi Ibu Kota Nusantara dari Ancaman Udara".

Sebagai Keynote Speaker, Komandan Kodiklatau mengatakan bahwa Perpindahan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya sebuah proyek pembangunan infrastruktur, melainkan juga langkah besar mengubah peta pembangunan dan ekonomi, yang sekaligus membawa tantangan baru dalam hal keamanan dan pertahanan nasional.

”Sebagai bangsa yang besar, kita tidak bisa mengabaikan pentingnya menjaga kedaulatan udara kita, terutama dalam melindungi ibu kota baru ini” ujar Komandan Kodiklatau.

Lebih lanjut, Komandan Kodiklatau mengatakan untuk menghadapi tantangan-tantangan ini, kita perlu mengambil langkah-langkah strategis yang komprehensif. Salah satu konsep yang dapat diimplementasikan di Lanud Sam Ratulangi adalah Smart Defense.

Sementara itu, Komandan Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo, S.A.P., M.Si., dalam sambutannya berharap kegiatan seminar ini dapat dapat menjadi media untuk memperluas wawasan serta memberikan kontribusi positif, dalam upaya mengamankan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui pemanfaatan teknologi sensor yang canggih untuk meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap ancaman (smart defense) di Lanud Sam Ratulangi. 

Seminar ini menghadirkan berbagai narasumber seperti Asrena Kasau Marsda TNI Wayan Superman, Dankosek IKN Marsma TNI Abdul Haris, M.MPOL., M.M.O.A.S., Dosen Universitas Pertamina Pakar Studi Strategis Dr. Ian Montratama, S.E., M.E.B., M.SI. (HAN).

Turut hadir dalam kegiatan seminar, Kaskoopsudnas Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M., Wadan Kodiklatau Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., Ir Kodiklatau, para Diektur Koopsudnas, Danpusdik Kodiklatau, Danpuslat Kodiklatau, para Pejabat Sekkau, dan seluruh Pasis Sekkau A-115.